Selasa, 09 Januari 2018

Memasukkan Data Hasil Wawancara ke Server Odoo untuk UAS APSI

     Odoo adalah sebuah aplikasi bisnis open-source yang lengkap untuk memudahkan penggunanya mengelola perusahaannya untuk setiap akun yang berbeda.

     Pada kesempatan kali ini, saya akan menjelaskan bagaimana tahapan-tahapan untuk memasukkan data perusahaan ke Odoo.

     Perintah dalam tugas kali ini adalah memasukkan data sesuai dengan modul yang didapat, saya mendapatkan modul tentang Purchasing dan saya anggota kelompok 7. Berikut adalah langkah-langkahnya:


1. Buka ERP TI sehingga muncul tampilan sebagai berikut :
 

     Pilih database berdasarkan kelompok, kemudian isi email dan password  yang telah ditentukan.


2. Setelah berhasil masuk, maka pilih disesuaikan modul yang telah ditentukan. Klik Purchase setelah itu kita bisa memulai create data untuk bidang purchase. Langkah pertama kali yang dilakukan adalah klik Request for Qoutation. Quotation adalah surat penawaran yang diberikan kepada pelanggan kita setelah adanya permintaan penawaran.

Quotation biasanya berisi:
- Kode dan deskripsi barang / jasa yang ditawarkan.
- Jumlah barang / jasa tersebut.
- Harga satuan.
- Diskon atau potongan harga.
- Total harga penawaran.
- Tata cara pembayaran

Setelah di klik, isi Request for Quotation berdasarkan permintaan penawaran.



 3. Purchase Order

Purchase Order (PO) adalah surat pemesanan yang dikeluarkan setelah terjadi kesepakatan berdasarkan Quotation. Surat ini sangat penting karena berisi komitmen dari pelanggan. Jika di kemudian hari pada saat kita sudah mengantarkan barang atau menyelesaikan jasa dan pelanggan menyangkalnya, maka PO ini dapat menjadi bukti. PO biasanya juga merinci bagaimana tahapan pembayaran dilakukan.

Setelah klik purchase order, akan muncul purchase order yang telah dikeluarkan secara otomatis karena sebelumnya pelanggan telah mengisi Request for Quotation. Berikut adalah contoh purchase order yang telah keluar.




 4. Setelah mengecek Purchase Order, kembali lagi dengan mengklik Request for Quotation.

Kemudian klik confirm order untuk menyepakati pemesanan yang telah diajukan.
 


Apabila anda ingin melihat produk yang dipesan sesuai atau tidak, pengiriman produk ke alamat Anda atau tidak dan yang paling penting adalah apakah barang yang Anda pesan statusnya available atau out of stock bisa mengecek dengan klik receive products yang akan muncul seperti gambar berikut.





 6. Langkah terakhir adalah Receive Invoice.

Setelah melakukan receive product, klik Receive Invoice. 

 

 Invoice adalah surat penagihan yang dikeluarkan oleh pihak penjual kepada pelanggan kita sesuai kesepakatan di PO. Invoice berisi rincian barang / jasa dengan harga sesuai PO, tidak boleh berubah walaupun misalkan harga tersebut telah mengalami kenaikan dari supplier kita. Biasanya invoice dikirimkan kepada pelanggan dengan lampiran tanda terima barang dan faktur pajak.

Apabila Anda telah mengklik receive invoice, check invoice yang berada pada On Draft Invoice di menu Invoice Control untuk memastikan invoice telah keluar atau belum. Setelah mengklik On Draft Invoice, apabila terdapat Invoice akan muncul seperti gambar berikut.



Request for Quotation, Purchase Order, Request Order dan Invoice dapat di print sesuai kebutuhan.

Demikian penjelasan mengenai langkah-langkah memasukkan data bidang purchase ke server Odoo.
Terima kasih.

Artikel Terkait

Memasukkan Data Hasil Wawancara ke Server Odoo untuk UAS APSI
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email